Sharing Knowledge is Fun

Contoh Program Sederhana (Java)

30/12/2008 10:01

Tulisan sebelumnya yang berkaitan dengan Topik ini :

1. Mengenal Java

2. Instalasi Java

Berikut ini adalah Contoh program java yang sederhana. Bagi yang belum menginstall java silakan ikuti petunjuk yang ada! Bagi yang sudah menginstal java silakan lanjutkan untuk membuat program sederhana..!!

Setelah mendapatkan gambaran yang cukup mengenai pengenalan java, kini saatnya mulai melakukan programming. Berikut adalah sebuah contoh program yang sederhana:

/*

contoh program Java sederhana

*/

class Hello {

//awal program dimulai dari main()

public static void main(String[] args) {

System.out.println( “ Hello Indonesia..!! " );

}

}

Catatan:

  • Java bersifat case sensitive. Huruf besar dan kecil adalah berbeda dalam Java, karena itu pastikan anda mengetik kode diatas sama persis, tanpa mengubah besar kecil hurufnya.
  • Selain itu dalam Java white space seperti karakter spasi, tab, pindah baris dan karakter lainnya yang berfungsi untuk memformat tampilan, tidak memiliki arti apapun selain untuk memudahkan programmer membaca kode yang ditulis. Karena itu karakter white space dapat digunakan sesukanya untuk memudahkan dalam membaca source code program.

Ketik program diatas dengan menggunakan text editor (misalnya notepad, , textpad, editplus, atau di linux dengan gedit) dan simpan dengan nama Hello.java nama file ini harus sama dengan nama class. Kemudian lakukan kompilasi dengan mengetikkan perintah di c-prompt:

C:\java>javac Hello.java

Jika berhasil, hasil kompilasi ini akan membangkitkan sebuah bytecode dengan nama file Hello.class. untuk mengeksekusi file ini maka bisa menggunakan perintah:

C:\java>java Hello

Hasil dari eksekusi tersebut maka akan menghasilkan tampilan :

Hello Indonesia..!!

PENJELASAN PROGRAM :

Program diatas merupakan program sederhana, namun memiliki beberapa bagian penting.

/*

contoh program Java sederhana

*/

 

bagian ini merupakan bagian yang dikenal sebagai komentar. Komentar dalam Java seperti halnya dalam pemrograman yang lainnya bukan merupakan bagian dari program. Karenanya komentar ini tidak akan dikompilasi oleh compiler Java dan tidak akan mempengaruhi alur program. Komentar ini lebih diperuntukkan untuk memperjelas source code yang ditulis sehingga kode program dapat lebih mudah untuk diteliti ulang atau dibaca. Komentar harus selalu ditulis diantara tanda /* dan */.

class Hello

baris ini mendeklarasikan sebuah class dengan nama Hello. Jika diperhatikan keseluruhan deklarasi class ini diawali dengan { dan diakhir dengan }. Hal ini berarti bahwa semua yang berada didalam tanda tersebut merupakan bagain dari class ini. Penjelasan tentang class dibahas secara tersendiri dibagianKonsep OOP setelah pembahasan ini.

//awal programdimulai dari main()

baris kode ini juga merupakan komentar. Perbedaan dengan /* */ adalah bahwa ia hanya berlaku untuk satu baris ini saja dan semua kata-kata setelah tanda // adalah komentar.

public static void main(String[] args) {

baris ini mendeklarasikan suatu method dengan nama main. Nama main disini merupakan suatu keharusan dalam Java karena Java akan mencari method yang bernama main ini sebagai awal eksekusi program. Keyword public merupakan access specifier yang menentukan visibility level dari method ini. Public berarti method ini dapat diakses darimanapun dari luar class. Method main() akan dipanggil dari luar oleh runtime Java pada saat program akan dieksekusi sehingga access specifier-nya harus menggunakan public. Keyword static memungkinkan method main() diapnggil tanpa harus terlebih dahulu membuat instance dari class sederhana. Ini diperlukan karena method main() akan dieksekusi sebelum objek apapun dibuat dalam memori. Keyword void berarti bahwa method main() tidak mengembalikan nilai apapun setelah diapnggil/dieksekusi.

 

System.out.println( “ Hello Indonesia..!! ” );

Baris ini memiliki beberapa bagian penting:

  • System adalah nama dari salah satu class standar yang dimiliki oleh Java
  • Out merupakan anggota dari class system dan juga merupakan objek tersendiri. Out mewakili standard output stream yang dalam hal ini digunakan layar komputer. Seperti halnya method main() diatas, objek out juga dideklarasikan dengan menggunakan keyword static didalam classnya sehingga ia dapat langsung dipanggil tanpa perlu terlebih dahulu membuat instance dari class system.
  • Prinltn merupakan method yang terdapat dalam objek out. Berfungsi untuk mencetak keluaran ke standard output. Mthod ini juga mencetak karakter pindah baris. Untuk mencetak tanpa pindah baris bisa menggunakan print().
  • Hello Indonesia..!!” merupakan parameter darimethod println yang diterima oleh internal method ini dan dicetak ke standard output yang dalam hal ini adalah layer computer anda. Oleh karena itu sewaktu menjalankan program ini dilayar computer akan tercetak : Hello Indonesia..!!
  • Tanda ; diperlukan untuk menandai akhir dari suatu statement / pernyataan / perintah.

Demikian pembahasan daei contoh membuat program java sederhana semoga bisa membantu..!!Tingkatkan terus motivasi untuk belajar, karena ILMU untuk diPELAJARI, diMENGERTI, dan diAMALKAN..!!

 

Back

Search site

© 2009 Teknik Informatika UNKRIS

Create a free website Webnode